Penanganan Pembobolan Password Samba

Pengertian Samba



          Samba atau Server Message Block disingkat SMB adalah istilah bahasa Inggris dalam teknologi informasi yang mengacu kepada protokol client/server yang ditujukan sebagai layanan untuk berbagi berkas (file sharing) di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows dan IBM OS/2. Samba (Server Message Block) adalah protocol file sharing dan printer sharing untuk menyaingi protokol yang telah ada yakni Novell’s IPX-based. SMB ini merupakan protokol file sharing dan printer sharing pertama yang dapat berjalan pada multi protokol : TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX. Dengan kata lain SMB server dapat menggantikan posisi Novell server tanpa harus merubah infrastruktur dari jaringan.
            Samba salah satu aplikasi di mesin UNIX dan turunannya yang mengimplementasikan protokol SMB atau Server Message Block. Pada mayoritas sistem operasi, protokol SMB digunakan dalam jaringan client-server, sehingga memungkinkan antar sistem operasi yang berbeda tersebut dapat saling berkomunikasi, seperti misalnya bertukar data, akses printer secara bersama, hingga digunakan sebagai jalur login ke suatu server domain.
Fungsi SMB adalah sebagai protokol yang digunakan untuk membagi data (sharing file), baik dari perangkat CD-ROM, harddisk, maupun perangkat output seperti printer dan plotter untuk dapat digunakan bersama-sama.


Related image


Fungsi  Samba
A. Menghubungkan antara mesin Linux (UNIX) dengan mesin Windows. Sebagai perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba software, mulai dari menjembatani sharing file, sharing device, PDC, firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, proxy dan lain-lain. Fasilitas pengremote seperti telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keunggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat. Menempatkan masin Linux/UNIX sebagai PDC (Primary Domain Controller) seperti yang dilakukan oleh NT dalam jaringan Wondows.

B. Samba PDC (Primary Domain Controller) bertujuan sebagai komputer yang akan melakukan validasi user kepada setiap client yang akan bergabung dalam satu domain tertentu, dengan kata lain hanya user yang terdaftar yang diijinkan masuk ke domain tersebut dan mengakses semua fasilitas domain yang disediakan.

C. Dapat berfungsi sebagai domain controller pada jaringan Microsoft Windows. 


Penanggulangan Pembobolan Password SAMBA
Selain banyak fungsinya,samba kadang juga tidak lepas dari penggunanya yang "Iseng". Ada kalanya bagi para mastah yang sudah bisa mengoperasikan samba akan mencoba untuk melakukan suatu keisengan yang kadang merugikan si empunua akun.
Untuk itu, saya akan memberikan bagaimana cara menaggulangi pembobolan password Samba, yaitu :
a.       Enkripsi suatu data atau file anda, untuk meminimalisir dari serangan hacker.
b.      Buatlah password yang kuat, sulit, dan pastinya unik agar hacker susah menebak atau membobol password pada account anda.
c.       Dan selalu waspada dalam mensharing file atau menerima file dari protocol lain.


Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar