PEMBOBOLAN PASSWORD WIFI DAN PENANGGULANGANNYA

PEMBOBOLAN PASSWORD WIFI DAN PENANGGULANGANNYA


Image result for mencegah pembobolan password wifi
WIFI singkatan dari Wireless Fidelity.
       Wi-Fi  menurut wikipedia juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggiWi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11".Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".

Wifi siapa sih yang tidak tau singkatan ini? Semua orang pasti tau namun sering kali pengguna terburu-buru ketika mengatur koneksi wifi mereka, hal ini justru buat mereka lupa akan keamanan wifi sendirinya, selain itu juga mengamankan jaringan wifi agak rumit bagi kebanyakan orang sehingga banyak pengguna cepat meninggalkan jaringan wifi mereka tanpa jaminan keamanannya. 

Ada beberapa celah melalui sambungan wifi tidak aman dan dapat dengan mudah di hack. Jika jaringan nirkabel telah di hack maka dengan mudah si hacker menguasi penggunaan data anda jika menggunkan data plan terbatas atau yang lebih buruknya mengakibatkan biaya tambahan pada anda, dan juga kecepatan data pada koneksi akan berkurang.



Maka dari itu, dalam postingan ini saya akan memberikan beberapa langka-langkah untuk mengamankan wifi agar tidak terjadinya pembobolan password wifi:

1. Buka halaman pengaturan router Anda
Pertama, Anda perlu tahu bagaimana untuk mengakses pengaturan router nirkabel Anda. Biasanya Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan "192.168.1.1" / “tplinkwifi.net” ke browser web Anda, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router.

2. Buat password yang unik pada router Anda
Setelah Anda login ke router Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah password bawaan router Anda. Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router, dan Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router.
3. Ubah nama SSID Jaringan Anda
SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari Wireless Router Anda biasanya menggunakan nama perangkat. Meskipun tidak akan membuat jaringan Anda rentan tetapi mengubah nama SSID jaringan Anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

4. Aktifkan Enskripsi Jaringan
Untuk mencegah komputer di daerah lain menggunakan koneksi internet Anda, Anda perlu untuk mengenkripsi sinyal nirkabel Anda. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.

5. Filter alamat MAC
Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address inilah yang didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tidak didaftarkan, tidak dapat tersambung dengan router.

sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
http://tekno.tempo.co/read/news/2015/07/01/096680089/begini-supaya-wi-fi-aman-tak-dicuri-orang#2OZpeK0s5qckRkso.99

Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar