Penanggulangan Sniffing terhadap Account

Penanggulangan Sniffing Terhadap Account


Sniffing itu apa sih? Makanan jenis apa sih snifiing,? Gunannya buat apa sih,? Mari sebelum jauh kita mendalami materi , kita berkenalan dulu sama apa itu sniffing.
https://2.bp.blogspot.com/-CI662g8gaV4/WZV4dUhXX2I/AAAAAAAAQN0/ffKKAZ705mQRvjxhdzfBwCYwdR3wj71SgCLcBGAs/s400/high.jpg
Sniffing (arti tekstual: pengendus paket – dapat pula diartikan “penyadap paket”) yang juga dikenal sebagai Network Analyzer atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. dikarenakan data mengalir secara bolak – balik pada jaringan. aplikasi ini menangkap tiap – tiap paket dan kadang – kadang menguraikan isi dari RFC (Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch).  Salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk “mendengarkan” semuanya (umumnya pada jaringan kabel).

       Contoh gampangannya itu begini Saat Anda mengirimkan email ke teman Anda yang berada diluar kota maka email tersebut akan dikirimkan dari komputer Anda trus melewati jaringan komputer kantor Anda (mungkin melewati server atau gateway internet), trus keluar dari kantor melalui jaringan internet, lalu sampe di inbox email teman Anda. Pada saat email tersebut melalui jaringan komputer kantor Anda itulah aktifitas SNIFFING bisa dilakukan. Oleh siapa ? Bisa oleh administrtor jaringan yang mengendalikan server atau oleh pemakai komputer lain yang terhubung pada jaringan komputer kantor Anda, bisa jadi teman sebelah Anda. Dengan aktifitas SNIFFING ini email Anda bisa di tangkap / dicapture sehingga isinya bisa dibaca oleh orang yang melakukan SNIFFING tadi.

Salah satu caranya menanggulangi Sniifing terhadap account sebagai berikut :                                  Dengan mengganti semua HUB yang kita gunakan menjadi Swicth, tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah, namun dengan begitu minimal sedikit menyusahkan si hacker untuk melakukan aksi Sniffing dengan cepat dan mudah.  Selain itu, kita juga bisa menggunakan protokol-protokol yang memiliki standard aman, misalkan penggunaan protokol-protokol yang sudah dilengkapi enskripsi data untuk mengamankan data atau informasi yang kita miliki, dengan demikian jika data/informasi kita sudah terenskripsi, data/informasi tersebut akan menjadi percuma oleh si tukang intip(hacker), karena informasinya tidak dapat terbaca, kecuali jika si hacker menggunkana strategi lain untuk membuka data/informasi tersebut. Berikut contoh protokol yang aman ( IPSec, SMB Signing, HTTPS, dsb).Dan  Jangan mudah memasukkan data account dikomputer lain terutama tempat umum (warnet, kantor, atau yang lainya).
             Selain kegiatan diataas juga Sniffing dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut :
1. Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer
2. Mendeteksi adanya penyelundupan dalam jaringan (Network Intusion).3. Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi-isi tertentu.4. Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikinya(misalkan  password).5. Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

sumber:








Share This Article:

CONVERSATION

0 komentar :

Posting Komentar