Stop Punya Perasaan gak Enakan


People Pleasure

Punya perasaan ngga enakan sama orang? Atau mungkin sungkan buat nolak sesuatu yang ngga kamu sukain? Tapi susah buat ngomong GAK? Yeess, mungkin kamu adalah salah satu jenis orang “People Pleasure” yaitu jenis orang yang selalu berusaha buat menyenangan orang lain. Menurut laman dari Hellosehat punya sifat tersebut pastinya ngga salah dong yah kan kita ngga salah. Eisz sante dulu bos,memang si ngga salah tapi kan apa iya kamu ngga cape harus berusaha menyenangkan orang lain dengan menolak apa kata hati kamu?

Aku bingung, Mau jadi apa?
  Pikirin dulu deh sebentar,tarik napas lanjut lagi. Kadang perasaan ini memang ambigu bagi penderitanya, Misal ketika kita menerima kenyataan bahwasanya kita melakukan sesuatu yang diminta sama orang lain namun kita ngga suka ngelakuinnya tapi karena sifat ngga enakan itu ujungnya kita mau lakuin biar orang itu seneng dan akhirnya kita sendiri yang tertekan karena hati kita nolak. Selalu seperti itu pastinya ngga baik juga loh, karena ujung-ujungnya kita yang semakin tertekan. Memang ngga ada salahnya kita buat ngebantu orang lain tapi seengga nya kita bantu orang lain dengan hati kita legowo juga dong? Bukan cuman karena perasaan “Sungkan”.

Belajarlah untuk menghargai diri kamu dulu sebelum belajar menghargai orag lain, yang tau kamu ya kamu, baiknya kamu ya kamu yang tau orang lain itu cuman penonton yang kalau udah kelar ya udah pergi. Jangan paksakan untuk menyenangkan orang lain yang diluar kemampuan kita sewajarnya saja ketika ingin menyenangkan orang lain (kecuali orang yang berharga buat kamu). Belajarlah bilang TIDAK ketika kamu tidak suka.

Menolak sesekali bukanlah hal buruk karena kemampuan orang itu terbatas. Menolaklah dengan sopan agar teman tau. Jangan selalu berfikir menolak dimintai tolong orang lain akan selalu mendatangkan karma, sang pencipta tau kalo kamu ngga sanggup ya bukan kamu yang dipilih buat menolong dia. Seimbangkan perasaan dengan kondisi yang ada, kebahagiaan yang utama adalah ketika kamu bisa bahagia ketika hati kamu katakan Yess bukan meng iya-kan sesuatu yang ngga iya jadi yaa .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.